SMK YKTB BOGOR

Jl. Dr. Sumeru 42 Bogor Telp.0251-8322417 Email : smkyktb3@yahoo.co.id

Mengevaluasi Liburan Sekolah

Posted by adeciawi pada 9 Januari 2012


Hari ini senin  9 januari 2012 merupakan hari pertama masuk sekolah setelah libur semester genap , liburan yang cukup panjang hampir 2 minggu membuat sebagian siswa terlupa dengan tugasnya sebagai  sebagai pelajar yakni belajar. Untuk beberapa sekolah liburan semester yang lalu digantikan istilahnya menjadi “belajar di Rumah”.

Istilah belajar dirumah mempunyai maksud selama siswa tidak berada disekolah atau selama siswa berada dirumah dibekali dengan penugasan-penugasan yang diberikan oleh para guru baik berupa penugasan yang terstruktur maupun tidak terstruktur yang harus dikumpulkan pada saat siswa yang bersangkutan aktif kembali kebangku sekolah masing-masing.

Permasalahan yang sering terjadi adalah seberapa jauh tanggung jawab anak dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah tersebut? Bayangkan saja seandainya setiap guru dengan mata pelajaran yang berbeda masing-masing memberikan tugas untuk dikerjakan, tentunya ini bukan hal yang mudah terlebih  tugas-tugas yang sedemikian banyak itu  dikerjakan diakhir liburan atau semalam sebelum masuk sekolah, padahal pengerjaan tugas-tugas tersebut bisa dikerjakan disela-sela liburan.

Bagi guru pemberian tugas dalam rangka Belajar di rumah ini juga harus disikapi dengan bijaksana dan di evaluasi kembali penugasannya ,misalnya pemberian tugas ini tidak memberatkan dan “merusak“ masa-masa liburan berikan tugas-tugas yang relatif ringan terlebih adanya keterkaitan dengan aktivitas liburannya , seringkali guru hanya memberikan tugas berupa pengerjaan soal-soal yang terdapat di LKS ataupun di buku-buku paket saja.

Sebenarnya Tidak hanya siswa saja yang diberikan tugas selama liburan sekolah , para gurupun wajib mempergunakan waktu liburannya dengan kegiatan yang serupa dengan siswa yakni memanfaatkan waktu liburannya dengan hal-hal yang produktif guna meningkatkan pembelajarannya disemester mendatang, banyak yang bisa dilakukan para guru dimasa liburan ini misalnya saja merevisi atau mengembangkan RPP, mencari atau membuat bahan ajar, mencari model pembelajaran yang tepat dan banyak lagi kegiatan lainnya yang semata-mata sebagai penunjang KBM mendatang.

“ Belajar dirumah “ yang diberikan kepada siswa ini akan  lebih berarti apabila orang tua ikut terlibat dalam pengawasan serta bimbingannya untuk itu belajar dirumah diperlukan alat kontrol seperti dipergunakan  buku penghubung misalnya atau adanya bukti tanda tangan disetiap tugas yang dikumpulkan para siswa ini.

liburan semester kali ini perlu dievaluasi baik oleh para siswa maupun para guru agar jangan sampai sampai masa-masa liburan hanya membuang waktu secara percuma melainkan diisi juga dengan kegiatan pembelajaran.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: