SMK YKTB BOGOR

Jl. Dr. Sumeru 42 Bogor Telp.0251-8322417 Email : smkyktb3@yahoo.co.id

Waspadai Kebocoran UN Via SMS di Hari Kedua

Posted by adeciawi pada 25 April 2011


Hari kedua Pelaksanaan Ujian Nasional dengan mata pelajaran yang diujikan yakni Matematika , matematika disebagian besar peserta ujian selama ini masih dianggap sebagai pelajaran yang sulit dan kemungkinan hasil yang diperoleh pada pelajaran inipun sering kali diprediksi akan memperoleh hasil jauh dari yang diharapkan.

dengan 5 paket soal yang berbeda , mata pelajaran matematika inipun dibedakan atas tiga kelompok kejuruan dengan Kode soal dan soal yang berbeda terdiri dari :

1. Kelompok teknologi, kesehatan, dan pertanian;

2. Kelompok pariwisata, seni dan kerajinan, teknologi kerumahtanggaan,pekerjaan sosial, dan administrasi perkantoran;

3. Program keahlian akuntansi dan penjualan

Adanya isu-isu kebocoran naskah soal diberbagai media harus disikapi dan diantisipasi pihak penyelenggara (sekolah) terlebih adanya indikasi penyebaran kunci jawaban melalui SMS yang tidak jelas sumber serta kebenaraannya dan sulit untuk dipertanggung jawabkan, padahal selama pelaksanaan Ujian Nasional berlangsung semua naskah soal ini tersimpan dan dijaga dengan ketat baik oleh Panitia rayon , Pengawas satuan pendidikan termasuk mendapat pengamanan dari kepolisian termasuk didalam pendistribusian naskah soal sampai ke tingkat sekolah penyelenggara bahkan sampai naskah soal tersebut dibagikan kepada Pengawas Ruang ujian semuanya tak telepas dari pantauan Pengawas Satuan pendidikan.

Dengan merebaknya indikasi penyebaran kunci-kunci jawaban yang sulit ditertanggung jawabkan ini melalui via SMS , langkah-langkah antisipatif yang dilakukan pihak sekolah sering kali menghimbau kepada para peserta ujian agar jangan percaya begitu saja bila menerima kunci-kunci jawaban yang beredar via SMS ini , terlebih dengan pola soal yang dibuat 5 paket ini keakuratan kunci jawaban ini semakin tidak dapat dipercaya adanya dan justru menjadi menyesesatkan bagi peserta ujian.

Selain himbauan sekolah penyelenggara juga mengantisipasi dengan melarang Peserta Ujian nasional membawa Handphonenya ke sekolah selama pelaksanaan Ujian , namun hal ini sering kali dilanggar dengan alasan Handphone adalah kebutuhan komunikasi bila keadaan darurat , menyikapi hal demikian pihak sekolah akhirnya dengan terpaksa meminta handphone peserta ujian ini untuk dititipkan kepada penanggung jawab ruang sebelum peserta ujian ini memasuki ruangan ujian dan selanjutnya bisa diambil kembali pada saat ujian selesai.

Hal ini bertujuan untuk meminimalisir indikasi penyebaran kunci-kunci jawaban melalui sms dari dalam sekolah dan ke luar sekolah begitu pula sebaliknya dan yang membuat terheran-heran terkadang kunci-kunci jawaban ini sudah didapat sehari sebelum ujian dilaksanakan…..

Ini tidak tidak masuk diakal , naskah soal ujian nya masih belum dibuka dan dijaga super ketat , kok jawabannya sudah beredar ? …. sungguh terlalu.

“ Ujian Nasional Yes , Prestasi Yes , Curang No

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: